LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA

Hesti Setyarini, Hesti Setyarini (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HESTI-SETYARINI_LAPORAN-INDIVIDU.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. PPL merupakan praktik mengajar dilaksanakan melalui pembelajaran terbimbing. Praktik mengajar terbimbing merupakan kegaiatan mengajar di mana dalam pelaksanaan mengajar, mahasiswa praktikan didampingi oleh guru pembimbing. Selama PPL mahasiswa melaksanakan 6 kali praktik mengajar terbimbing. Praktik dilaksanakan di kelas tinggi dan rendah. Kegiatan PPL dibagi menjadi empat tahap kegiatan, yaitu pembekalan, pelaksaaan kegiatan, penyusunan laporan, dan evaluasi. Pelaksanaan PPL ini dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 di SD Negeri Lempuyangan 1 yang beralamat di Jl. Tukangan No. 6 Yogyakarta, Kelurahan Tegal Panggung, Kecamatan Danurejan, Yogyakarta. Secara umum, kegiatan PPL di SD N Lempuyangan 1 berjalan dengan baik dan lancar berkat adanya kerja sama dari elemen-elemen yang terkait antara mahasiswa, DPL, kepala sekolah, guru, karyawan, serta siswa dan beberapa pihak lain. Pelaksanaan PPL diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak sekolah, dan mahasiswa sebagai pengaplikasian kompetensi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SDN Lempuyangan 1,praktik, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 May 2016 01:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32650

Actions (login required)

View Item View Item