Elva Christina Titi Mulyani, Elva Christina Titi Mulyani (2015) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI UPT SELATAN YOGYAKARTA JALAN BRIGJEN KATAMSO NO. 163 KECAMATAN MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
12110244006 - Elva Christina Titi Mulyani.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan yang memberikan pengalaman pada mahasiswa tentang pengalaman kerja di sebuah lembaga atau instansi yang sesuai dengan bidang ilmu atau jurusan yang sedang ditempuhnya. Melalui PPL mahasiswa mendapatkan suatu pendidikan dengan mendapatkan pelatihan dan pengalaman belajar yang berkaitan dengan dunia kerja sesungguhnya. Praktik Pengalaman Kerja yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 11 September 2015 di UPT Pengelola TK dan SD wilayah Selatan yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso No. 163 Mergangsan, Yogyakarta. Kegiatan secara keseluruhan yang dilaksanakan pada saat pelaksanaan PPL adalah verifikasi data, input data, administrasi, dan penelitian mahasiswa. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan di UPT Pengelola TK dan SD wilayah Selatan oleh mahasiswa PPL adalah Menyusun Matrik Program PPL, konsultasi proposal penelitian dengan pihak UPT, memasukan surat ijin untuk penelitian, pengambilan data, pembagian angket penelitian ke 5 SD kec. kraton, input data sertifikasi guru, pengambilan angket, analisis sederhana, rekap data inventaris barang, pengarsipan surat, rekap data kepegawaian, pendataan barang inventaris, distribusi PMI, rekap data kms, pembuatan angket kendala pelaporan barang inventaris, sosialisasi RAPBS, ekspose APBS, rapat koordinasi kepala sekolah, upacara bendera 17 Agustus, apel pagi, dan senam sehat. Seluruh kegiatan PPL ini meliputi program kegiatan mahasiswa, program kegiatan untuk membantu UPT, dan penelitian. Pada program penelitian dilaksanakan di Gugus SD Kecamatan Kraton yang meliputi 5 SD yaitu SD N Keputran A sebagai SD Inti dan SD N Kraton, SD N Panembahan, SD N Keputran 1, SD N Keputran 2 sebagai SD Imbas. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa tentang implementasi kebijakan peningkatan profesionalisme guru. Pencarian data penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa adalah dengan wawancara, dokumentasi serta penyebaran angket kepada semua guru di Gugus SD Kecamatan Kraton sebagai responden dari penelitian. Adanya kegiatan PPL memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa terhadap lingkungan dunia kerja yang sesungguhnya. Gambaran mengenai dinamika dunia kerja telah didapat oleh mahasiswa setelah melaksanakan PPL ini. PPL yang dilaksanakan ini selain memberikan pengalaman kerja, juga memberikan pengalaman pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan oleh Mahasiswa. Sedangkan untuk kegiatan penelitian telah memberikan pengetahuan bagi mahasiswa terkait bagaimana meningkatkan kualitas, kesejahteraan dan usaha apa yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme guru. Selain itu dengan adanya penelitian ini memberikan pembelajaran bagi mahasiswa bagaimana solusi yang diberikan yang berupa suatu kebijakan untuk menyelesaikan masalah terkait peningkatan profesionalisme guru. Melalui penelitian juga menyadarkan mahasiswa bahwa setiap kebijakan membutuhkan suatu evaluasi untuk perbaikan kebijakan yang lebih baik lagi. Jadi, hasil yang didapatkan oleh mahasiswa melalui Praktik Pengalam Lapangan (PPL) 2015 mahasiswa lebih mengerti dan mendapat pengalaman bekerja di dunia kerja yang sesungguhnya dan melalui beberapa program yang telah dijalani mahasiswa mendapatkan berbagai ilmu baru untuk dapat dijadikan sebagai pengalaman berharga. Melalui PPL juga mahasiswa dapat menerapkan bidang ilmu ahlinya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa, PPL UPT Selatan, Penelitian |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 13 May 2016 00:44 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |