Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas X/C SMA Negeri 1 Kelumpang Hilir, Kotabaru, Kalsel melalui Pendekatan Cooperative Learning

Rusyanto, Suparman (2013) Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas X/C SMA Negeri 1 Kelumpang Hilir, Kotabaru, Kalsel melalui Pendekatan Cooperative Learning. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suparman rusyanto-10706259024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca bahasa Inggris siswa kelas X/C SMA Negeri 1 Kelumpang Hilir Kotabaru. Oleh sebab itu diperlukan adanya penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Inggris melalui pendekatan cooperative learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) seperti yang dikembangkan oleh Kemmis & McTaggart. Prosedur penelitian menggunakan tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari: (1) planning, (2) acting/observing, dan (3) reflecting.Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 20012. Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas X/C SMA Negeri 1 Kelumpang Hilir. Objek penelitian ini adalah penerapan pendekatan Cooperative Learning sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Inggris siswa. Penelitian ini menggunakan jenis tindakan partisipan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, questionnaire dan evaluasi hasil belajar. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Cooperative Learning berhasil meningkatkan keterampilan membaca siswa. Keterampilan membaca siswa dalam menentukan informasi umum, informasi khusus dan informasi rinci dari teks yang dibaca menjadi semakin lebih baik daripada sebelum tindakan dilakukan. Pada akhir kegiatan penelitian, jumlah siswa yang tuntas berdasarkan KKM mata pelajaran bahasa Inggris yang berlaku di SMA Negeri 1 Kelumpang Hilir sebanyak 30 orang (81,08%). Nilai rata-rata kelas mengalami kenaikan menjadi 59,80. Nilai tertinggi yang dicapai oleh siswa adalah 85,65. Sementara itu, nilai terendah yang dicapai siswa juga mengalami peningkatan 31,91. Penerapan berbagai metode mendorong siswa berpartisipasi secara aktif selama dalam proses pembelajaran. Belajar dengan cara bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama melalui kegiatan kelompok berhasil meningkatkan keterampilan bersosialisasi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca bahasa Inggris, pendekatan cooperative learning, penelitian tindakan kelas
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 10:17
Last Modified: 29 Nov 2022 05:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32637

Actions (login required)

View Item View Item