Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan Bottom-up dan Top-down dalam Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta

Ardhani, Raden Rara Vivy Kusuma (2012) Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan Bottom-up dan Top-down dalam Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-raden-rara-vivy-kusuma-ardhani-10706251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Ada empat masalah utama dalam pemahaman membaca yang dihadapi siswa, yaitu siswa masih mengalami kesulitan dalam menemukan gambaran umum dari suatu teks, mengidentifikasikan makna kata, menemukan pokok pikiran, serta menemukan informasi tersurat dan tersirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan pendekatan bottom-up dan pendekatan top-down dalam pemahaman membaca teks narrative siswa; dan (2) pendekatan manakah di antara bottom-up dan top-down yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca teks narrative siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A, B, dan F yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple cluster random sampling. Siswa kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen 1, siswa kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen 2, dan siswa kelas VIII A sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes. Validitas instrumen yang diperiksakan adalah validitas isi. Reliabilitas instrumen dinyatakan baik dengan r (pretest) = 0.754 dan r (posttest) = 0.820. Data kemudian dianalisis menggunakan One-way Anova yang dilanjutkan Uji Scheffe dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan bottom-up, pendekatan top-down, dan konvensional dengan F = 16.175 dan p ≤ 0.05. Hasil analisis uji Scheffe secara rinci menunjukkan bahwa (1) pendekatan bottom-up efektif diterapkan dalam pemahaman membaca teks narrative dengan p ≤ 0.05; (2) pendekatan top-down efektif diterapkan dalam pemahaman membaca teks narrative dengan p = 0.031 ≤ 0.05; dan (3) pendekatan bottom-up lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan top-down dalam pemahaman membaca teks narrative dengan mean difference sebesar 7.88696 dan Sig. = 0.010 ≤ 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: teks narrative, bottom-up, top-down
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 09:32
Last Modified: 30 Nov 2022 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32633

Actions (login required)

View Item View Item