PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 BANGUNTAPAN

Abdawiyah, Robiyatul (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 BANGUNTAPAN. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep peserta didik SMP, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap keterampilan proses IPA peserta didik SMP, (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan design pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 1 Banguntapan pada tahun ajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POE. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster random sampling. Data pemahaman konsep diperoleh melalui nilai N gain sedangkan nilai keterampilan proses diperoleh melalui lembar observasi. Hipotesis penelitian menggunakan MANOVA dengan aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran POE berpengaruh terhadap pemahaman konsep, model pembelajaran POE berpengaruh terhadap keterampilan proses IPA, dan model pembelajaran POE berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses. Kata kunci: model POE (Predict-Observe-Explain), pemahaman konsep, keterampilan proses IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 16 May 2016 07:24
Last Modified: 16 May 2016 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32628

Actions (login required)

View Item View Item