Abdawiyah, Robiyatul (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 BANGUNTAPAN. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep peserta didik SMP, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap keterampilan proses IPA peserta didik SMP, (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan design pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 1 Banguntapan pada tahun ajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran POE. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster random sampling. Data pemahaman konsep diperoleh melalui nilai N gain sedangkan nilai keterampilan proses diperoleh melalui lembar observasi. Hipotesis penelitian menggunakan MANOVA dengan aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran POE berpengaruh terhadap pemahaman konsep, model pembelajaran POE berpengaruh terhadap keterampilan proses IPA, dan model pembelajaran POE berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses. Kata kunci: model POE (Predict-Observe-Explain), pemahaman konsep, keterampilan proses IPA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 16 May 2016 07:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32628 |
Actions (login required)
View Item |