Pembelajaran Kesantunan Bertindak Tutur melalui Bermain Peran Berbahasa Inggris Siswa Kelas VIII RSBI pada Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 5 Yogyakarta

Huda, Nurul (2012) Pembelajaran Kesantunan Bertindak Tutur melalui Bermain Peran Berbahasa Inggris Siswa Kelas VIII RSBI pada Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 5 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-huda-10706259055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pembelajaran kesantunan tindak tutur berbahasa Inggris siswa melalui bermain peran; (2) realisasi kesantunan tuturan siswa selama bermain peran berbahasa Inggris siswa; dan (3) tanggapan terhadap kesantunan tuturan mitra tutur selama bermain peran berbahasa Inggris siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berorientasi pada mendeskripsikan pembelajaran kesantunan, realisasi dan tanggapan terhadap kesantunan tindak tutur berbahasa Inggris dengan menggunakan metode pragmatik sesuai dengan konteks. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII RSBI SMPN 5 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, perekaman, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi dan panduan perekaman dengan alat bantu perekam suara, perekam video, dan kamera. Keabsahan data diuji dengan (1) trianggulasi sumber data, (2) intrarater, dan (3) interrater. Analisis data menggunakan metode pragmatis dengan model Alir. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Pembelajaran kesantunan tindak tutur berbahasa Inggris melalui bermain peran dalam merancang skenario pembelajaran menggunakan RPP berdasarkan silabus, dengan cara menentukan (a) tema, (b) indikator, (c) mataeri , (d) strategi; dan (e) media. 2) Realisasi kesantunan tindak tutur berbahasa Inggris mengacu pada enam prinsip kesantunan: (a) kebijaksanaan, dengan meminimalkan kerugian orang lain, atau memaksimalkan keuntungan bagi orang lain; (b) kedermawanan, dengan memaksimalkan kerugian bagi diri sendiri dan meminimalkan keuntungan bagi diri sendiri; (c) penghargaan, dengan memberikan penghargaan pada mitra tutur; (d) kesederhanaan, dengan bersikap rendah hati; (e) kesepakatan, dengan saling membina kecocokan atau pemufakatan; dan (f) kesimpatian, dengan memaksimalkan sikap simpati antara pihak satu dengan pihak lainnya. 3) Tanggapan siswa terhadap kesantunan tindak tutur berbahasa Inggris dari versi positif adalah berusaha memberikan keuntungan pada mitra tutur, sedangkan versi negatif adalah berusaha menyenangkan hati mitra tutur.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesantunan, tindak tutur, pembelajaran bahasa Inggris, bermain peran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 08:30
Last Modified: 30 Nov 2022 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32621

Actions (login required)

View Item View Item