Tindak Tutur Bertanya Dosen dalam Pembelajaran Berbahasa Inggris di Kelas TEFL Analysis Universitas Negeri Yogyakarta

Mei, Nining Yus (2012) Tindak Tutur Bertanya Dosen dalam Pembelajaran Berbahasa Inggris di Kelas TEFL Analysis Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nining-yus-mei-10706259065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tuturan bertanya dosen dalam pembelajaran berbahasa Inggris di kelas TEFL Analysis. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan mendeskripsikan wujud dan fungsi tuturan bertanya dosen dalam pembelajaran berbahasa Inggris di kelas TEFL Analysis Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah tindak tutur bertanya dosen di kelas TEFL Analysis. Objek dalam penelitian ini adalah unit tuturan bertanya dosen dalam pembelajaran berbahasa Inggris di kelas TEFL Analysis. Topik yang dibahas dalam perkuliahan selama penelitian ini adalah teaching listening, teaching writing, teaching grammar, teaching vocabulary, task and project work, teaching English in RSBI, dan teaching character education. Pengumpulan data dilakukan melalui perekaman dengan menggunakan video recorder. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan data secara berulang-ulang, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Teknik analisis data dimulai dengan pengklasifikasian, pengkodean dan dianalisis dengan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, wujud tuturan bertanya dosen terdiri dari tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Penggunaan tindak tutur langsung dalam bertanya merupakan yang paling banyak ditemukan. Kedua, ditemukan 12 fungsi tuturan bertanya dosen baik fungsi tunggal maupun fungsi ganda, yaitu: (1) meminta, (2) menguji, (3) mengarahkan, (4) mengkonfirmasi, (5) mengklarifikasi, (6) memotivasi, (7) menyarankan, (8) mengajak, (9) memuji, (10) mengalihkan, (11) memerintah, dan (12) membenarkan. Berdasarkan analisis data dapat dideskripsikan bahwa fungsi tuturan bertanya dosen paling banyak terdapat pada fungsi meminta, dan paling sedikit terdapat pada fungsi mengajak, mengalihkan, memerintah, dan membenarkan. Pertanyaan dosen yang kebanyakan berfungsi untuk meminta menjadi hal penting dalam temuan ini, karena dengan fungsi meminta dosen menjadikan pembelajaran yang komunikatif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur bertanya dosen, pembelajaran berbahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 06:39
Last Modified: 30 Nov 2022 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32618

Actions (login required)

View Item View Item