LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA PIRI 1 YOGYAKARTA

Rohimawati, Santi (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Santi R_12405241010.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu cara mata kuliah wajib yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta bagi para mahasiswa kependidikan, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan agar para mahasiswa kependidikan memiliki pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya agar menjadi bekal menjadi calon tenaga pendidik. Melalui PPL ini juga mahasiswa diharapkan mampu memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk menjadi seorang pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk nyata dari tridharma perguruan tinggi’ pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di SMA PIRI 1 Yogyakarta yang terletak di jalan kemuning No. 14 Baciro, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu; persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Sebelum melakukan kegiatan mengajar, dilaksanakan konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di 4 Kelas, yaitu XA, XB, XI IPS dan XII IPS dengan masing – masing pertemuan berbeda, untuk XA dan XB dilaksanakan 2 kali pertemuan pada setiap kelas dan 1 kali ulangan harian setiap kelas, XI IPS dilaksanakan 3 kali pertemuan dan 1 kali ulangan harian, sedangkan untuk XII IPS dilaksanakan 4 kali pertemuan dan 1 kali ulangan harian. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih 1 bulan di SMA PIRI 1 Yogyakarta ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan Geografi yang diperoleh selama perkuliahan. Sehingga dengan pengalaman yang diperoleh selama perkuliahan itu berbagai hambatan dalam pelaksanaan PPL dapat diminimalisir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 May 2016 08:36
Last Modified: 15 Oct 2019 05:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32598

Actions (login required)

View Item View Item