LAPORAN PRAKTIK PNGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA Jalan Kemuning Nomor 14 Baciro, Yogyakarta 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

Muhammad Teguh Abdillah, Muhammad Teguh Abdillah (2015) LAPORAN PRAKTIK PNGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA Jalan Kemuning Nomor 14 Baciro, Yogyakarta 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan. Kegiatan PPL ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari oleh mahasiswa di lapangan. Dengan pengalaman mengajar di kegiatan PPL ini diharapan mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga untuk diintegrasikan kelak ketika telah bekerja di dunia pendidikan. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, mahasiswa terlebih dahulu diberikan pembekalan PPL agar mahasiswa memiliki gambaran awal dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain pembekalan PPL, mahasiswa melaksanakan observasi di sekolah. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa memahami kekurangan dan kelebihan calon peserta didik yang diajar kelak ketika sudah terjun di lapangan. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi kurikulum, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran), dan prilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam pelaksanaan PPL,mahsiswa atau praktikan mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jam guru pembimbing. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai dan dibutuhkan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa di lapangan. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh mahasiswa praktikan. Kegiatan menyangkut observasi dalam kelas, mengajar dan evaluasi. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 6 kali, yaitu 2 kali di kelas X, 2 kali di kelas XI dan 2 kali di XII yang dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Setiap pertemuan berdurasi 2 jam pelajaran (satu jam pelajaran 45 menit). Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktek mengajar, praktek pengalaman lapangan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 May 2016 00:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32587

Actions (login required)

View Item View Item