LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. Bener, Tegalrejo Yogyakarta 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015

Laely Rachmawati, Laely Rachmawati (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA Jl. Bener, Tegalrejo Yogyakarta 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Bahasa Inggris_Laely Rachmawati_12202241017.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib tempuh dalam setiap jenjang S1 kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu bentuk kegiatan dimana mahasiswa belajar pengalaman secara langsung di lingkungan sekolah sebagai seorang calon guru atau pendidik. Tujuan pelaksanaan PPL adalah memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Sebelum pelaksanaan PPL, pembekalan PPL dilaksanakan agar mahasiswa mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain itu, setelah dilaksanakan penerjunan, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi kurikulum, silabus, dan RPP) serta proses pembelajaran di dalam kelas. Selanjutnya, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksankan di SMA Negeri 2 Yogyakara selama kurang lebih satu bulan yakni mulai 10 Agustus – 12 September 2015. Kegiatan selama menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. Beberapa kegiatan mengajar diantaranya observasi pembelajaran yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung, praktik mengajar, penyusunan RPP, pembuatan soal, serta analisis nilai. Adapun untuk kegiatan non mengajar, telah dilaksanakan pendampingan di ruang piket, perpustakaan, serta TU. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan baik. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 4 kali masing-masing di kelas XI PMIIA 8 dan XI PIIS yang dimulai pada tanggal 21 Agustus sampai dengan 12 September 2015 dengan kegiatan tatap muka sebanyak 1 kali pertemuan setiap minggu untuk setiap kelas. Kegiatan mengajar dilaksanakan setiap hari Jumat dan Sabtu dengan durasi masing-masing 2 x 45 menit. Dengan demikian, total kegiatan mengajar yang telah dilaksanakan adalah 16 jam pelajaran. Sebelumnya penulis membuat persiapan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 2 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 May 2016 05:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32557

Actions (login required)

View Item View Item