LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2015 SD NEGERI MARGOYASAN

Apriliani Dyah Purbosiwi, Apriliani Dyah Purbosiwi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2015 SD NEGERI MARGOYASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108244072_APRILIANI DYAH P.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Strata 1 kependidikan untuk memperoleh gelar Sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Program PPL di SD Negeri Margoyasan yang beralamat di Jalan Tamansiswa no.4, dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015. Selama kegiatan PPL berlangsung, mahasiswa diwajibkan minimal melaksanakan praktik pembelajaran terbimbing sebanyak empat kali, dan Ujian Praktik Pembelajaran menimal sebanyak dua kali. Adapaun jadwal praktik pembelajaran terbimbing penyusun adalah sebagai berikut: No Hari, Tanggal Kelas Mapel Materi 1) Jum‟at, 14 Agustus 2015 II B Matematika Mengenal Nilai Tempat 2) Jum‟at, 21 April II A IPA Pertumbuhan Tanaman 3) Rabu, 26 Agustus 2015 V B IPS Tokoh-tokoh pada 4) Sabtu, 29 Agustus 2015 I A Matematika Pengukuran Masa Hindu-Budha dan Islam Sedangkan jadwal Ujian praktik pembelajaran yang dilakukan penyusun adalah sebagai beriku: No Hari, Tanggal Kelas Mapel Materi 1) Selasa, 1 September 2015 I B Matematika dan IPS (TEma Diriku) Pengurangan bilangan sampai 20 (Matematika) dan Mengenal identitas Keluarga (IPS) 2) Senin, 7 September 2015 IV B IPA Cara Menjaga Kesehatan Pance Indera Secara garis besar, pelaksanaan program PPL di SD Negeri Margoyasan berjalan dengan lancar tanpa menjalani halangan yang cukup berarti. Manfaat yang dapat diambil dari pelaksanaan program PPL ini antara lain mahasiswa mendapatkan pengalaman dan keterampilan dalam mengajar secara riil di sekolah. Selain itu, mahasiswa juga mengerti cara berpikir dan bekerja secara disiplin baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam memecahkan permasalahan- permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan telah memberikan pengetahuan, pengalaman, disiplin, dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik terhadap pengelolaan proses pendidikan. Program PPL sangat efektif untuk membekali mahasiswa kependidikan untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 May 2016 01:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32544

Actions (login required)

View Item View Item