PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MEDIA BENDA MODEL PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB TUNAS KASIH DONOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

Wulandari, Dyah Heni (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MEDIA BENDA MODEL PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB TUNAS KASIH DONOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
dyah heni wulandari.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA anak tunagrahita ringan kelas III SD di SLB Tunas Kasih Donoharjo dalam mengenalkan bagian-bagian utama tubuh hewan melalui media benda model, di antaranya mencakup mengenal, menyebut, menunjuk dan mengidentifikasi berdasarkan ciri-ciri fisik pada hewan tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas dengan melalui 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 siswa tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data monitoring menggunakan observasi dan data evaluasi dengan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media benda model dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA anak tunagrahita ringan dalam mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan fungsinya. Hal ini terbukti dari data berikut: pada kondisi awal, subjek I memperoleh skor 46 yang termasuk kriteria cukup, subjek II memperoleh skor 50 yang termasuk kriteria cukup dan subjek III memperoleh skor 51 yang termasuk kriteria cukup. Setelah diberikan siklus pertama, subjek I memperoleh skor 67 yang termasuk kriteria baik dengan peningkatan 21, subjek II memperoleh skor 72 yang termasuk kriteria baik dengan peningkatan 20 dan subjek III memperoleh skor 72 yang termasuk kriteria baik dengan peningkatan 21. Pada siklus II, selain menggunakan media benda model penambahan jam pelajaran IPA juga dilakukan. Hasilnya menunjukkan bahwa subjek I memperoleh skor 86 yang termasuk kriteria baik sekali dengan peningkatan 40, subjek II memperoleh skor 90 yang termasuk kriteria baik sekali dengan peningkatan 40, dan subjek III memperoleh skor 92 yang termasuk kriteria baik sekali dengan peningkatan 41. Peningkatan tersebut terjadi karena pembelajaran IPA tentang pengenalan bagian-bagian utama tubuh hewan dan fungsinya menggunakan media benda model dan dilakukan penambahan jam pelajaran. Kata kunci: Peningkatan Prestasi Belajar IPA, Media Benda Model, Anak Tunagrahita Ringan vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item