Husna Nur Hakim, Husna Nur Hakim (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA Jalan Gowongan Kidul JT III/416 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
12520244002 - HUSNA NUR HAKIM - PT INFORMATIKA.pdf Download (58MB) | Preview |
Abstract
Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 ini berlokasi di SMK Negeri 7 Yogyakarta yang beralamat di Jl. Gowongan Kidul Jt III/416 Yogyakarta. PPL dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 19 mahasiswa dari program Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Bimbingan Konseling, dan Pendidikan Ekonomi. PPL merupakan salah satu mata kuliah yang sifatnya wajib untuk ditempuh oleh mahasiswa program S1 kependidikan dengan bobot mata kuliah 3 sks. Pelaksanaan PPL pada periode ini minimal jam yang harus dipenuhi oleh mahasiswa adalah 128 jam. Tujuan PPL adalah mengembangkan potensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh dan dikuasainya ke dalam praktek keguruan atau kependidikan di lapangan yaitu sekolah, serta sebagai salah satu sarana untuk menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan profesional. Kegiatan PPL meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. Kegiatan mengajar berupa praktik mengajar terbimbing yang telah dilaksanakan sebanyak lima kali mengajar. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas X Multimedia (XMM) dengan total siswa sebanyak 32 siswa dengan rincian 24 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Produktif Mutimedia dengan standar kompetensi menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia. Sedangkan, kegiatan non mengajar meliputi kegiatan rutin sekolah seperti upacara bendera, tadarus pagi, jumat sehat, piket perpustakaan dan piket lobby. Secara keseluruhan, program-program yang telah direncanakan dapat tercapai dengan baik dan lancar. Ketercapaian pelaksanaan PPL di SMK Negeri 7 Yogyakarta terbagi menjadi dua yaitu ketercapaian program mengajar dan program non mengajar. Total jam PPL yang tercapai adalah 172,5 jam dengan perincian program mengajar sebanyak 80 jam (46,38 %) dan program non mengajar sebanyak 92,5 jam (53, 62 %).
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMK Negeri 7 Yogyakarta, program mengajar, mengajar, mengajar terbimbing, non mengajar, jumlah Jam PPL. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 11 May 2016 01:12 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |