PENINGKATAN KOMPETENSI MENGINSTALASI PLC PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MEDIA DISTRIBUTING STATION PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TOI SMK NEGERI 2 DEPOK

Anwar, Nurkhoiruddin (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI MENGINSTALASI PLC PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MEDIA DISTRIBUTING STATION PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TOI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Anwar Nurkhoiruddin 11518241032.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI MENGINSTALASI PLC PADA MATA PELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MEDIA DISTRIBUTING STATION PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TOI SMK NEGERI 2 DEPOK Oleh: Anwar Nurkhoiruddin NIM. 11518241032 ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui apakah ada perbedaan kompetensi menginstalasi PLC siswa, antara pembelajaran menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dan media pembelajaran distributing station dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional dan media konvensional, (2) Mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan kompetensi antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dan media distributing station dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional dan media konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII program keahlian Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok, Sleman yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Instrumen tes digunakan untuk memperoleh data aspek kognitif, sedangkan lembar observasi untuk memperoleh data aspek afektif dan psikomotorik. Validitas instrument diuji dengan experts judgement, dengan hasil layak digunakan dengan perbaikan. Reliabilitas diuji dengan K-R 20 dan Aplha, dengan hasil 0,564, 0,753, 0,827, lebih besar dari rtabel, sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji Mann-Whitney dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kompetensi menginstalasi PLC yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada aspek kognitif dan psikomotorik dengan Sig.hitung 0,001 dan 0,000, lebih kecil dari Sig.penelitian yaitu 0,050. Sedangkan untuk aspek afektif tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan Sig.hitung 0,468 lebih besar dari Sig.penelitian yaitu 0,050. (2) terdapat perbedaan peningkatan kompetensi menginstalasi PLC pada aspek afektif dengan Sig.Hitung 0,026, lebih kecil dari Sig.penelitian yaitu 0,050. Tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kompetensi aspek kognitif dan psikomotorik dengan Sig.hitung 0,305 dan 0,867, lebih besar dari Sig.penelitian yaitu 0,050. Kata kunci : peningkatan kompetensi, PLC, pembelajaran berbasis masalah, distributing station, SMK N 2 Depok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 May 2016 08:02
Last Modified: 30 Jan 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32514

Actions (login required)

View Item View Item