EFEKTIFITAS MEDIA BULLETIN BOARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SINONIM KATA PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB B WIYATA DHARMA 1 TEMPEL

Mugi Laksono , Maksum (2012) EFEKTIFITAS MEDIA BULLETIN BOARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SINONIM KATA PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB B WIYATA DHARMA 1 TEMPEL. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
maksum mugi laksono..pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Bulletin Board efektif untuk meningkatkan pemahaman anak tunarungu di SLB B Wiyata Dharma 1 Tempel terhadap kata yang bersinonim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan quasi ekperimen. Desain yang digunakan adalah one group pre test- post test design. Subjek penelitian adalah tiga (3) siswa tunarungu kelas VIII SMPLB di SLB B Wiyata Dharma 1 Tempel. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan tes, yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik . Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Bulletin Board mampu meningkatkan kemampuan memahami sinonim pada siswa tunarungu kelas VIII di SLB B Wiyata Dharma 1 Tempel. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya skor pencapaian kemampuan memahami sinonim oleh siswa. Peningkatan kemampuan memahami sinonim siswa tunarungu ditunjukan dengan meningkatnya skor pencapaian kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan pada soal postes. Upaya meningkatkan kemampuan memahami sinonim pada siswa tunarungu dilakukan melalui penggunaan Bulletin Board dan siswa diberikan motivasi untuk mendorong peningkatan kemampuan tersebut. Kesimpulan akhir adalah melalui penggunaan Bulletin Board kemampuan memahami sinonim pada siswa tunarungu meningkat, yaitu antara 40% - 60% serta masing-masing siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimum yaitu 65. Sehingga Bulletin Board efektif untuk meningkatkan pemahaman sinonim pada siswa tunarungu kelas VIII SMPLB di SLB B Wiyata Dharma 1 Tempel. Kata kunci: bulletin board, kemampuan pemahaman sinonim, siswa tunarungu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3250

Actions (login required)

View Item View Item