PENGEMBANGAN POCKET BOOK IPA BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQURY LEARNING YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII

Adytianto, Eka (2016) PENGEMBANGAN POCKET BOOK IPA BERPENDEKATAN AUTHENTIC INQURY LEARNING YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan bahan ajar pocket book IPA yang dikembangkan menurut ahli dan guru, (2) respon peserta didik terhadap pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry learning, (3) kemampuan problem solving peserta didik setelah menggunakan pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (four-D). Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (desain), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Subjek penelitian adalah dosen ahli, guru IPA, dan peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 2 Piyungan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi untuk dosen ahli dan guru IPA yang berfungsi untuk mengetahui kelayakan pocket book IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran authentic inquiry learning untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran authentic inquiry learning, angket respon peserta didik terhadap pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry learning untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry learning, lembar observasi kemampuan problem solving untuk menilai kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan problem solving, dan instrumen soal posttest digunakan untuk mengetahui kemampuan problem solving peserta didik. Teknik analisis yang digunakan antara lain rerata skor untuk mencari skor aktual, konversi skor menjadi empat kategori, dan perhitungan persentase penguasaan kemampuan. Hasil penelitian dari pengembangan pocket book IPA adalah (1) Pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry learning yang dikembangkan dinilai sangat baik oleh dosen ahli dan guru serta layak digunakan dalam pembelajaran IPA, (2) peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry learning hasil pengembangan, (3) kemampuan problem solving peserta didik setelah menggunakan pocket book IPA berpendekatan authentic inquiry learning berada pada kategori sangat baik. Kata Kunci: Pocket Book IPA, Pendekatan Authentic Inquiry Learning, Kemampuan Problem Solving

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 10 May 2016 03:37
Last Modified: 10 May 2016 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32464

Actions (login required)

View Item View Item