Maharani, Sinta Aulia Devi (2016) PENGEMBANGAN LKPD IPA TEMA “PROTECTING OUR EARTH FROM AIR POLLUTION” BERBASIS AUTHENTIC INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN SIKAP INGIN TAHU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD IPA tema “Protecting Our Earth from Air Pollution” berbasis authentic inquiry learning, mengetahui peningkatan kemampuan problem solving dan sikap ingin tahu peserta didik dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan mengadaptasi langkah-langkah 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini melibatkan validator penilai kelayakan LKPD IPA yang terdiri dari 3 dosen ahli dan 3 guru IPA. Instrumen penelitian antara lain lembar validasi LKPD dan angket respon peserta didik yang dianalisis menggunakan konversi lima kategori untuk mengetahui kelayakan LKPD; soal pretest-posttest problem solving dan lembar penilaian problem solving yang dianalisis menggunakan konversi lima kategori untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem solving; angket sikap ingin tahu yang dianalisis menggunakan konversi lima kategori dan lembar observasi sikap ingin tahu yang dianalisis menggunakan persentase checklist digunakan untuk mengetahui peningkatan sikap ingin tahu; serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran authentic inquiry learning dianalisis menggunakan persentase checklist untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran authentic inquiry learning. Hasil penelitian pengembangan LKPD IPA berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru IPA ditinjau dari kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan memperoleh skor rata-rata 3,79 (kategori sangat baik) dengan reliabilitas sebesar 96,13% sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil penilaian angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA memperoleh skor ratarata 3,41 dengan kategori baik. Hasil penilaian keterlaksanaan pembelajaran authentic inquiry learning memperoleh persentase skor 100% pada kegiatan pertama maupun kedua. LKPD IPA hasil pengembangan dapat meningkatkan kemampuan problem solving dibuktikan dengan gain score sebesar 0,51 dengan kategori sedang dikuatkan dengan data observasi problem solving berpotensi meningkatkan kemampuan problem solving. LKPD IPA juga telah terbukti meningkatkan sikap ingin tahu peserta didik dibuktikan dengan data observasi sikap ingin tahu peserta didik meningkat 20,02% dan diperkuat dengan hasil angket sikap ingin tahu yang menunjukkan skor 3,27 (kategori baik). Kata kunci: LKPD IPA, authentic inquiry learning, problem solving, rasa ingin tahu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 10 May 2016 03:30 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32459 |
Actions (login required)
View Item |