PENGEMBANGAN E-MODULE PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE SEBAGAI BAHAN BELAJAR MANDIRI SISWA SMP KELAS VII

Sumarlina, Yenni (2016) PENGEMBANGAN E-MODULE PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LECTORA INSPIRE SEBAGAI BAHAN BELAJAR MANDIRI SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan e-module pembelajaran IPA berbasis Letora Inspire sebagai bahan belajar mandiri, (2) tingkat kemandirian belajar siswa ketika menggunakan e-module sebagai bahan belajar mandiri, dan (3) penilaian siswa terhadap e-module pembelajaran IPA berbasis Lectora Inspire. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan 4-D dari Thiagarajan. Adapun tahapannya adalah define, design, develop, and disseminate. Subjek dari penelitian ini yaitu 3 orang ahli dan 24 siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Muntilan. Instrumen yang digunakan antara lain angket penilaian kelayakan e-module IPA oleh validator, angket kemandirian belajar siswa, angket penilaian siswa, dan lembar observasi kemandirian belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan antara lain rerata skor untuk menghitung skor rata-rata aktual, konversi nilai menjadi skala empat, dan menghitung persentase. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) E-module IPA berbasis Lectora Inspire yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan belajar mandiri dengan kategori “sangat baik” berdasarkan penilaian oleh tiga orang ahli, (2) Kemandirian belajar siswa menggunakan e-module IPA berbasis Lectora Inspire mengalami peningkatan sebesar 20,11%, dan (3) E-module IPA berbasis Lectora Inspire memperoleh respon “sangat baik” berdasarkan penilaian siswa. Kata kunci: e-module, Lectora Inspire, belajar mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 09 May 2016 06:40
Last Modified: 30 Jan 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32452

Actions (login required)

View Item View Item