LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK KOPERASI YOGYAKARTA

Nur Fitrah Ramadhani Liesfi, Nur Fitrah Ramadhani Liesfi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK KOPERASI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL - NUR FITRAH RL.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Penngalaman Lapangan (PPL) di SMK Koperasi Yogyakarta yang terletak di Jalan Kapas 1/5 Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik. Diharapkan, mahasiswa peserta PPL mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik yang profesional. Selain hal itu, mahasiswa PPL juga diharapkan mampu untuk memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahapyaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XI Akuntansi 2 dan 3 dengan mata pelajaran kas kecil yang masing-masing berjumlah 20 anak dengan total jumlah mengajar sebanyak 5 kali secara bergantian di dua kelas tersebut termasuk pelaksanaan ulangan harian. Selain itu sebagai tambahan pengalaman praktik mengajar juga dilakukan tambahan praktik dengan materi yang berbeda yaitu administrasi pajak di kelas XI Akuntansi 3 sebanyak 1 kali mengajar dengan jumlah 20 anak. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Dari pelaksanaan PPL yang selama kurang lebih satu bulan di SMK Koperasi, mahasiswa PPL dapat memperoleh berbagai manfaaat antara lain seperti penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Akuntansi yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 May 2016 05:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32396

Actions (login required)

View Item View Item