Purnawan, Purnawan (2016) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KELOMPOK SEPERMAINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT KEJURUAN SISWA KELAS X SEMESTER 1 TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Purnawan 07504241026.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kelompok Sepermainan Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Kejuruan Siswa Kelas X Semester 1 Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Saptosari Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Saptosari Gunungkidul Yogyakarta. Responden penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Saptosari Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data untuk variabel Perhatian Orang Tua dan Kelompok Sepermainan menggunakan metode angket sedangkan untuk variabel prestasi belajar dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikansi 5% terdapat pengaruh yang signifikan dari: (1) perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X semester 1 di SMK N 1 Saptosari tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilai thitung 6,4864> ttabel 2,263, (2) kelompok sepermainan terhadap prestasi belajar siswa di SMK N 1 Saptosari tahun ajaran 2012/2013 yang ditunjukkan dengan nilai thitung 5,4324> ttabel 2,263, (3) perhatian orang tua dan kelompok sepermainan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X semester 1 di SMK N 1 Saptosari yang ditunjukkan harga Fhitung 9,7562 > Ftabel 3,15.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 03 May 2016 02:52 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 02:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32278 |
Actions (login required)
View Item |