PENGARUH PEKERJAAN RUMAH DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

MUNGINTORO, MUJI (2016) PENGARUH PEKERJAAN RUMAH DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_12803241037_MUJI MUNGINTORO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Pekerjaan Rumah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016; 2) Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016; 3) Pekerjaan Rumah dan Minat Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 96 siswa yang sekaligus sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji coba instrumen dilakukan pada 31 siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan hasil 19 butir valid dan reliabilitas sebesar 0,839 (sangat kuat) untuk angket Pekerjaan Rumah sedangkan untuk angket Minat Belajar Akuntansi, 20 butir valid dan reliabilitas sebesar 0,871 (sangat kuat). Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan uji multikolinieritas dengan hasil linier dan tidak terjadi multikolinieritas.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis pertama dan kedua dan analisis regresi ganda dua prediktor untuk menguji hipotesis ketiga. Hasil penelitian : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pekerjaan Rumah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y = 0,361; r2x1y = 0,131; thitung sebesar 3,759 >ttabel sebesar 1,66123; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y = 0,376; r2x2y = 0,142; thitung sebesar 3,938 >ttabel sebesar 1,66123; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Pekerjaan Rumah dan Minat Belajar Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2) = 0,423; R2y(1,2) = 0,179; Fhitung sebesar 10,144 > Ftabel sebesar 3,09. Sumbangan relatif Pekerjaan Rumah sebesar 54,64% dan sumbangan efektif sebesar 9,78% sedangkan sumbangan relatif Minat Belajar Akuntansi sebesar 45,36% dan sumbangan efektif sebesar 8,12%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akuntansi, Pekerjaan Rumah, Minat Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 03 May 2016 00:55
Last Modified: 30 Jan 2019 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32265

Actions (login required)

View Item View Item