LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) III DI SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016

AvivtinOktaviIndrayani, AvivtinOktaviIndrayani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) III DI SD NEGERI KOTAGEDE 5 YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12108241031_AVIVTIN OKTAVI INDRAYANI_PGSD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Strata 1 kependidikan untuk memperoleh gelar Sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Program PPL di SD Negeri Kotagede 5 yang beralamat di Jalan Kemasan 68 Yogyakarta dimulai pada tanggal 2 Maret 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015. Selama kegiatan PPL berlangsung, mahasiswa diwajibkan minimal melaksanakan praktik pembelajaran terbimbing sebanyak empat kali, dan Ujian Praktik Pembelajaran menimal sebanyak dua kali. Adapaun jadwal praktik pembelajaran terbimbing penyusun adalah sebagai berikut: No Hari, Tanggal Kelas Mapel Materi 1) Kamis, 13 Agustus 2015 I IPA AnggotaTubuh 2) Selasa, 18 Agustus 2015 IV IPA Bagian Mata 3) Senin, 24 Agustus 2015 II Tematik DiriSendiri 4) Rabu, 2 September 2015 V PKn PeraturanPerundangundangan Sedangkan jadwal Ujian praktik pembelajaran yang dilakukan penyusun adalah sebagai berikut: No Hari, Tanggal Kelas Mapel Materi 1) Senin, 7 September2015 I Tematik DiriSendiri 2) Selasa, 8 September 2015 V Matematika KPK dan FPB Secara garis besar, pelaksanaan program PPL di SD Negeri Kotagede 5 berjalan dengan lancar tanpa menjalani halangan yang cukup berarti. Manfaat yang dapat diambil dari pelaksanaan program PPL ini antara lain mahasiswa mendapatkan pengalaman dan keterampilan dalam mengajar secara riil di sekolah. Selain itu, mahasiswa juga mengerti cara berpikir dan bekerja secara disiplin baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam memecahkan permasalahan- permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan. Program Praktik Pengalaman Lapangan telah memberikan pengetahuan, pengalaman, disiplin, dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik terhadap pengelolaan proses pendidikan. Program PPL sangat efektif untuk membekali mahasiswa kependidikan untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pendidikan, Pembelajaran, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 May 2016 06:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32249

Actions (login required)

View Item View Item