PENGEMBANGAN BUKU SAKU EKONOMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

primesstianissa, shinta (2016) PENGEMBANGAN BUKU SAKU EKONOMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SHINTA PRIMESSTIANISSA_12804244031.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Buku Saku Ekonomi untuk siswa; mengetahui kelayakan Buku Saku Ekonomi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media; mengetahui penilaian siswa dengan adanya buku saku ekonomi sebagai media pembelajaran; dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah pengembangan buku saku ekonomi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). model pengembangan yang meliputi 5 tahap yaitu: analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada tahap Development, Buku Saku Ekonomi dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, 6 siswa uji coba kecil, dan 26 siswa uji coba lapangan. Pengukuran motivasi siswa dilakukan terhadap 26 siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Banguntapan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 3,56 yang termasuk dalam kategori Layak, ahli media diperoleh rata-rata skor 3,91 yang termasuk dalam kategori Layak, penilaian siswa uji coba kecil diperoleh rata-rata skor 4,23 yang termasuk dalam kategori Layak, dan penilaian siswa uji coba lapangan dengan rata-rata skor 4,06 yang termasuk dalam kategori Layak. Pembelajaran dengan menggunakan media Buku Saku Ekonomi mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 09 May 2016 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32247

Actions (login required)

View Item View Item