LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI SUROKARSAN II

Pitrolina Sri Rezaki, Pitrolina Sri Rezaki (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SD NEGERI SUROKARSAN II. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PITRO LINA 12108249017 PPL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu dipisah dengan kegiatan KKN dilaksanakan pada semester khusus 2015 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD Negeri Surokaran II merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 6, praktik mengajar mandiri sebanyak 4 kali dan ujian praktik mengajar 2 kali. Kegiatan PPL ini berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Praktik mengajar terbimbing dan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi tahap observasi sekolah, penyusunan program, dan pengajuan proposal. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri Surokarsan II berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi dengan kerja sama yang solid antara para mahasiswa PPL sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32191

Actions (login required)

View Item View Item