LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI SUROKARSAN II TAHUN AKADEMIK 2014/2015

ELDA SANFITRI SAKEREBAU, ELDA SANFITRI SAKEREBAU (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI SUROKARSAN II TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ELDA 12108249018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengajaran Lapangan (PPL) mengacu pada Undang-Undang Guru dan dosen nomor 14 Tahun 2005, khususnya yang berkenaan dengan empat kompetensi guru yakni: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Pelaksaan PPL yang dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2015 di SD N Surokarsan II. Kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Mahasiswa PPL adalah observasi secara fisik dan non fisik. Kegiatan ini meliputi pengamatan langsung terhadap keadaan fisik sekolah seperti pengamatan terhadap ruang kelas, kantor guru, perpustakaan serta ruang lain yang mendukung kegiatan yang berlangsung di SD Surokarsan II. Selain pengamatan fisik Mahasiswa PPL juga melaksanakan pengamatan non fisik yang meliputi kegiatan pembelajaran dalam kelas serta kegiatan Pramuka yang difasilitasi oleh SD N Surokarsan Praktik Pembelajaran yang dilaksanakan oleh setiap mahasiswa adalah 4 kali praktik terbimbing, dengan jadwal penyusun adalah sebgai berikut: Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 6 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 dan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4 kali yang dilaksanakan pada tanggal 20 ,25,26,agustus dan 2 september 2015. Selain itu dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak 2 kali pada tanggal 7 dan 11 September 2015. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan dan solusi. Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32187

Actions (login required)

View Item View Item