LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA

ARUM FITRIANI, ARUM FITRIANI (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD N SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
ARUM FITRIANI_12108244079.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan Universitas negeri Yogyakarta merupakan program yang dilaksanakan pada semester khusus 2015. Program ini memberikan kesempatan kepada Mahassiwa UNY untuk meningkatkan kemampuanya yang diseuaian dengan program studi dalam bidang pendidika. SD Negeri Surokarsan 2 merupakan salah satu dari banyak sekolah yang ditunjuk pihak UNY untuk menjadi lokasi pelaksanaan PPL pada tahun 2015. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SD Negeri Surokarsan 2 berlangsung dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 dengan jumlah 10 mahasiswa PPL UNY 2015. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa dapat menambah pengalaman belajar yang tidak dapat dibangku kuliah, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Pelaksanaan kegiatan PPL berjalan cukup baik dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari dua jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing dan ujian praktik mengajar. Praktik mengajar terbimbing ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksaanaa dan evaluasi. Dalam pelaksanaannya, praktik mengajar terbimbing dilakukan empat kali dan ujian praktik mengajar dilakukan dua kali. Masing-masing jenis praktik mengajar dilakukan di kelas rendah dan kelas tinggi. Namun praktikan tidak masuk ke semua kelas. Adapun kegiatan nonmengajar yang dilakukan meliputi pelatihan upacara, mengikuti upacara bendera, mengikuti apel pagi, pendampingan ekstrakulikuler, senam pagi, menunggu kelas kosong, membantu administrasi guru, membantu persiapan akreditasi sekolah,syawalan, kerja bakti, dan beberapa kegiatan lainnya. Dapat diambil kesimpulan bahwa dalam kegiatan PPL mahasiswa dapat menambah pengalaman diranah pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara Universitas Negeri Yotyakarta dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:46
Last Modified: 29 Apr 2016 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32184

Actions (login required)

View Item View Item