LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA

Hendrawan Agung Setiadi, Hendrawan Agung Setiadi (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hendrawan Agung Setiadi_P.T.Informatika_12520244004_1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa S1 program kependidikan yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan sekolah atau lembaga. Metode yang digunakan diantaranya observasi pra PPL, pengadaan kuliah pengajaran mikro teaching, penyusunan rancangan program, pembekalan oleh DPL PPL, persiapan mengajar dengan konsultasi guru pembimbing, memberikan materi dalam KBM, pelaksanaan program dan monitoring oleh DPL PPL dan penyusunan laporan PPL. Manfaat dari PPL adalah menambah pemahaman mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau lembaga, memperoleh pengalaman tentang cara berpikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang ada di sekolah, klub, atau lembaga, memperoleh daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pembelajaran dan pendidikan yang ada disekolah, klub, atau lembaga, dan memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolahan, klub, atau lembaga dan juga dapat memahami karakter peserta didik secara nyata yang terjadi di lapangan,serta menjadikan mahasiswa untuk lebih tanggap dan cepat mengambil terhadap hal-hal yang terjadi diluar perencanaan di dalam persekolahan, klub, ataupun di lembaga kependidikan lainya. SMK Negeri 3 Kasihan Bantul merupakan sekolah yang bergerak di bidang studi seni rupa. Kondisi dan situasi sekolah ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah lain, baik dari segi lingkungan, siswa, maupun metode pembelajarannya. Kesimpulannya, pelaksanaan PPL di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul ini merupakan pengalaman yang sangat berbeda dan menantang dibandingkan dengan sekolah lainnya. Range karakter siswa di sekolah ini sangat luas dan unik, sehingga membutuhkan perlakuan dan pendekatan yang berbeda dari sekolah-sekolah umum yang lainnya. Pengalaman-pengalaman yang didapatkan dari kegiatan PPL di SMK Negeri 3 Kasihan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mahasiswa peserta PPL di masa yang akan datang, saat terjun ke dunia pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32150

Actions (login required)

View Item View Item