LAPORAN KEGIATAN PPL di SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA

Muhammad Abi Farruq, Muhammad Abi Farruq (2015) LAPORAN KEGIATAN PPL di SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover,kata pengantar, abstrack,pengesahan.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan yang selanjutnya disingkat PPL merupakan mata kuliah praktik lapangan dengan bobot 3 SKS yang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan bidang studi serta kemampuan yang dimilikinya masing-masing. Selain sebagai tempat untuk mempraktikan ilmu pengetahuan, PPL dapat menjadi media bagi mahasiswa guna mendapat pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa guna mengembangan dirinya sebagai guru muda yang akan menjadi pendidik di masa yang akan datang. PPL dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kasihan (SMSR) Yogyakarta yang beralamat di Jl. PG. Madukismo,Bugisan, Yogyakarta, dari tanggal 10 Agustus - 12 September 2015. Dalam pelaksanaannya, PPL dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahap yang pertama adalah persiapan, berisi kegiatan : pembelajaran mikro di kampus, observasi sekolah dan kelas, pengembangan rencana pembelajaran dan pembekalan PPL. Tahap yang kedua adalah pelaksanaan, di mana ada 2 kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, yaitu praktik mengajar dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Total pertemuan adalah 16 kali dengan beberapa metode yang berbeda-beda. Praktik mengajar yang dilakukan adalah praktik mengajar mandiri. Mahasiswa praktik menyesuaikan jadwal dengan jadwal mengajar Ibu Ening Sulastri, S.Pd. selaku guru pembimbing, sehingga jadwal mengajar mahasiswa PPL adalah hari senin sampai dengan sabtu, mahasiswa PPL mengajar pada hari senin dengan pelajaran Teknik Putar kelas X KR, selasa dengan pelajaran Teknik Cetak kelas XI KR, rabu dengan pelajaran Operasi Tungku kelas XI KR,kamis dengan pelajaran Teknik Langsung dan sabtu dengan mata pelajaran Teknik Putar dan Dekorasi Keramik di kelas XI KR. Selain melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa juga melaksanakan praktik persekolahan, yaitu kegiatan penunjang yang sejalan dengan program sekolah. Bentuk kegiatannya berupa: menginput data siswa baru, membantu administrasi jurnal kemajuan kelas, dan membantu kegiatan lain di sekolah berupa kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan mengikuti Penerimaan Tamu Ambalan dan Volley. Di akhir pelaksanaan PPL, guru pembimbing memberikan penilaian terhadap mahasiswa yang melaksanakan PPL Kegiatan PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat merasakan pengalaman sebagai seorang guru. Harapan ke depan, semoga PPL dapat terus dilaksanakan dan jalinan silaturahmi serta kerjasama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan SMK Negeri 3 Kasihan (SMSR) Yogyakarta dapat terus terjalin, sehingga membuka peluang kerjasama di bidang yang lain dan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan(PPL), Kegiatan PPL, Manfaat PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 05:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32142

Actions (login required)

View Item View Item