LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PLERET Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul Yogyakarta

ANDRI YULIYANI, ANDRI YULIYANI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PLERET Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul Yogyakarta. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
13_Andri Yuliani_12303241036_Pend Kimia.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam pelatihan untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai kemampuan keguruan atau pendidikan lainya, sehingga dapat mengemban tugas secara profesional. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pleret yang dimulai dari penyerahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan melibatkan 21 mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Sejarah, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Tari, 1 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika dan 2 mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL meliputi antara lain kegiatan persiapan, kegiatan praktik mengajar dan kegiatan praktik persekolahan. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program materi pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan PBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Senin ( Jam ke-2 sampai jam ke-4) di kelas XE, Selasa (Jam ke-5 samapai jam ke-7) di kelas XD, dan Rabu (Jam ke-3 samapai jam ke-5) di kelas XF dengan mengajar mata pelajaran kimia dengan menyampaikan materi Sistem Periodik Unsur sesuai dengan silabus mata pelajaran kimia. Berdasarkan program PPL yang dirumuskan, selama kegiatan PPL, praktikan dapat merealisasikan program-program tersebut.Hasil dari kegiatan PPL yaitu praktik mengajar sebanyak 33 jam pelajaran di kelas X yaitu kelas XD, XE, dan XF. Keberhasilan PPL yang dilakukan praktikan tidak terlepas dari peran praktikan yang didukung oleh pihak sekolah, khususnya guru pembimbing serta dosen pembimbing lapangan (DPL). Oleh karena itu, harapannya program kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan pancasila.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 28 Apr 2016 05:24
Last Modified: 28 Apr 2016 05:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32132

Actions (login required)

View Item View Item