LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PLERET UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PLERET UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PLERET UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PLERET

TANTRI WINARTI TANTRI WINARTI TANTRI WINARTI TANTRI WINARTI, TANTRI WINARTI TANTRI WINARTI TANTRI WINARTI TANTRI WINARTI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PLERET UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PLERET UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PLERET UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PLERET. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11_Tantri Winarti_124105241040_Pend Geografi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti mahasiswa S1 bidang pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta setelah melalui pembelajaran Micro Teaching. Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) merupakan kegiatan terkait proses pembelajaran yang meliputi penyusunan perangkat pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Hal tersebut merupakan garis besar dari program PPL yang merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran. Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 bertempat di SMA N 1 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, DIY. Dalam kegiatan PPL ini setiap mahasiswa melaksanakan program-program kegiatan pembelajaran dengan ketrampilan yang dimiliki dan diperoleh selama berada di perguruan tinggi, serta didukung oleh kondisi lingkungan sekolah baik dari segi tenaga pengajar, kondisi siswa maupun saranan prasarananya. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran di sekolah, mahasiswa melakukan persiapan dengan mengikuti mata kuliah wajib lulus yaitu pengajaran mikro, pembekalan PPL dan observasi untuk memperoleh data dari sekolah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, maka mahasiswa dapat merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PPL. Beberapa program PPL yang direncanakan dan telah dilaksanakan yaitu konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi dengan dosen pembimbing PPL, membuat perangkat pembelajaran ( Silabus dan RPP ) , mencari bahan untuk mengajar, kegiatan pembelajaran, membuat lembar kerja siswa, membuat soal ulangan harian, mengoreksi lembar kerja siswa, mengoreksi ulangan harian, memasukkan nilai lembar kerja siswa, memasukkan nilai ujian/ulangan harian, pembuatan media pembelajaran, pembuatan administrasi guru dan pembuatan laporan PPL. Pada kegiatan PPL ini mahasiswa mengampu kegiatan pembelajaran Geografi di kelas XA, XB, XC, XD, XE, XF. Hasil yang diperoleh selama PPL adalah bahwa mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan terpadu antara teori dengan praktik yang sangat bermanfaat. Selain pengalaman mengajar, mahasiswa juga memperoleh pengalaman yang berkaitan dengan berbagai tugas guru di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32130

Actions (login required)

View Item View Item