LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 1 PUNDONG

Ahmad Fatullah, Ahmad Fatullah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 1 PUNDONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan PPL_Ahmad Fatullah_12518241014.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PPL adalah suatu bentuk pendidikan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah sebagai wahana dan sarana bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam memenuhi peran sebagai anggota masyarakat. Pada kelompok PPL di sekolah, mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan atau pembangunan sekolah. Dalam hal ini akan tampak peranan mahasiswa sebagai inovator, mediator, problem solver, dan motivator dalam rangka merangsang peningkatan kualitas sekolah, baik secara fisik maupun non fisik. Pelaksanaan PPL di SMK Negeri 1 Pundong dilakukan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Setelah melakukan observasi dan mengamati kondisi yang ada, mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama masa PPL. Program tersebut meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), persiapan dan pembuatan media, dan praktik mengajar serta melakukan Piket diantaranya Piket Perpustakaan, Piket Administrasi Sekolah (TU), Piket Bimbingan Konseling (BK), Piket Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Piket Guru, dan Piket Pendidikan Karakter. Dalam praktik mengajar, mahasiswa melakukan 8 kali pertemuan mengajar terbimbing dan 14 kali pertemuan pendampingan mengajar atau tim teaching. Mata pelajaran utama Pengenalan Alat Ukur Listrik (PAUL) dan mata pelajaran pendampingan yaitu IBB, PPIL, PME, dan K3. Pada dasarnya, seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya, tetapi hambatan tersebut dapat diatasi berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari seluruh rekan mahasiswa serta pihak sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi yang bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Paul, SMK N 1 Pundong, PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32117

Actions (login required)

View Item View Item