LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015

Trisna Ariani, Trisna Ariani (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRISNA ARIANI_12108241068_PGSD.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015 merupakan program yang bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah serta untuk mengembangkan potensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. SD Negeri 1 Sekarsuli merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Program PPL yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Sekarsuli berlangsung mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Metode pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari observasi dan praktek mengajar. Observasi dilakukan dengan tujuan mengetahui keadaan sekolah secara umum dan praktek mengajar dilakukan dengan tujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dan mengembangkan potensi mengajar.Praktik mengajar terdiri dari praktek mengajar terbimbing yang dilaksanakan empat kali yaitu pada tanggal 13 Agustus 2015, 18 Agustus 2015, 24 Agustus 2015, dan 4 September 2015 , praktik mengajar mandiri yang dilaksanakan satu kali yaitu pada tanggal 28 Agustus 2015, ujian praktik mengajar yang dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 7 dan 8 September 2015, serta pelaksanaan program kerja kelompok yaitu pengelolaan perpustakaan, pendampingan TPA, kegiatan semangat pagi, lomba 17 Agustus, pendampingan upacara, senam Sehat, pendampingan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, kegiatan ekstrakurikuler badminton, kegiatan ekstrakurikuler tenis meja, perpisahan PPL, dan penyusunan laporan Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL berjalan dengan baik sesuai dengan rancangan yang telah disusun sebelumnya. Program kelompok dapat berjalan dengan baik berkat dukungan dan partisipasi dari seluruh warga SD Negeri 1 Sekarsuli. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri 1 Sekarsuli, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD Negeri 1 Sekarsuli, Praktik Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 07:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32051

Actions (login required)

View Item View Item