LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015

TRIWAHYU ARIFAH MAYASARI, TRIWAHYU ARIFAH MAYASARI (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRI WAHYU ARIFAH MAYASARI_12108241104_PGSD.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015 merupakan program pendidikan yang tertuang dalam kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar. SD Negeri 1 Sekarsuli merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Sekarsuli berlangsung mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Dengan kegiatan PPL diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan menggali pengalaman mengajar secara professional di lingkungan sekolah Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL berjalan baik sesuai dengan yang telah direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari tiga jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan empat kali yaitu pada tanggal 13 Agustus 2015, 19 Agustus 2015, 26 Agustus 2015, dan 28 Agustus 2015, pelaksanaan praktik mengajar mandiri dilaksanakan satu kali yaitu pada tanggal 5 September 2015, dan ujian praktik mengajar dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 3 dan 7 September 2015. Masing-masing jenis praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan tinggi. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri 1 Sekarsuli, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD Negeri 1 Sekarsuli.Praktik Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 07:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32049

Actions (login required)

View Item View Item