LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015

IRLAILA KUSUMAWARDANI, IRLAILA KUSUMAWARDANI (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IRLAILA KUSUMAWARDANI_12108241034_PGSD.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengalaman Praktek Lapangan (PPL) merupakan program yang dilaksanakan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. PPL yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015 merupakan program pendidikan yang tertuang dalam kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Salah satu lokasi yang sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015 adalah SD Negeri 1 Sekarsuli. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Sekarsuli berlangsung mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Dengan kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL berjalan baik sesuai dengan yang telah direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari tiga jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan empat kali yaitu pada tanggal 14, 21, 24 Agustus dan 5 September 2015, pelaksanaan praktik mengajar mandiri dilaksanakan satu kali yaitu pada tanggal 27 Agustus 2015, dan ujian praktik mengajar dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 7 dan 8 September 2015. Masingmasing jenis praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan tinggi. Selain itu, ada pula program kelompok yang dilaksanakan. Program tersebut antara lain pengelolaan perpustakaan, pendampingan TPA, semangat pagi, lomba 17 Agustus, pendampingan upacara, senam sehat, pendampingan pramuka, kegiatan ekstrakulikuler badminton, dan perpisahan ppl. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri 1 Sekarsuli, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD Negeri 1 Sekarsuli, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 07:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32036

Actions (login required)

View Item View Item