LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Ade Surya Saputra, Ade Surya Saputra (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
1. Ade Surya Saputra - 12101244038 - PPL II-MP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dinas Pendidikan Menegah dan Non Formal Kabupaten Bantul adalah salah satu instansi pendidikan yang berfungsi untuk melayani masyarakat terkait kebutuhan penyelenggaraan pendidikan SMA/SMK/ dan Non Formal. Salah satu bidang yang termasuk didalamnya adalah bidang Pendidikan Menengah Atas (Dikmentas). Dikmentas adalah suatu bidang yang bergerak melayani penyelenggaraan pendidikan SMA yang didalamnya terbagi atas dua seksi yaitu Seksi Kurikulum dan Tenaga Pendidikan dan Seksi Pengembangan dan Sarana. Sehingga tugas dari Bidang Dikmentas ialah menyelenggarakan pengumpulan data dan informasi mengenai prestasi sekolah, data sarana prasarana, dan data guru, serta berbagai pelayanan terkait proses pelayanan pendidikan untuk masyarakat yang menyangkut perihal sekolah menengah atas. Maka dilihat dari tujuan tersebut, Bidang Dikmentas memerlukan informasi yang terbaru terkait tenaga pendidik dan kependidikan khususnya pada SMA yang ada di Kabupaten Bantul. Pada kegiatan pengumpulan informasi terbaru tersebut, dapat dilakukan dengan proses pengumpulan data. Data yang diperlukan terkait PTK dikumpulkan dengan menggunakan instrumen form yang disebarkan oleh bidang Dikmentas melalui sekolah – sekolah yang diundang ke Dikmentas, melalui e – mail, maupun melalui penilik. Setelah data tersebar, dilanjutkan dengan proses pemberitahuan data masuk dengan konfirmasi ke masing – masing sekolah. Selanjutnya setelah data terkumpul akan dilakukan proses pengolahan data dan dilakukan rekapitulasi sesuai dengan format pengisian yang ada kemudian hasil rekapan tersebut diolah dan dianalisis untuk mengantisipasi terjadinya keanehan data hingga tercipta data yang cukup valid. Setelah data yang diolah cukup valid, selanjutnya dilakukan analisis kebutuhan guru dan staf melalui tabel jumlah, kekurangan, kelebihan, dan keadaan personil sesuai data PTK yang diolah. Untuk guru, pengolahan didasarkan atas jumlah mata pelajaran per sekolah, sementara untuk staf, pengolahan didasarkan pada pekerjaan staf per sekolah. Khusus form keadaan personil dituliskan dalam status PNS, Non PNS, GTT, PTT, Sertifikasi, dan sebagainya. Setelah data terolah pada tabel, kemudian akan dibuatkan suatu grafik / diagram yang menggambarkan situasi PTK di SMA Bantul untuk memudahkan pembaca dalam menangkap informasi. Berdasarkan hasil kerja PPL II yang telah terlaksana, secara keseluruhan baik program utama, penunjang, maupun tambahan dapat terlaksana dengan baik. Program utama berjalan mencapai 97,14%, program penunjang mencapai 100%, dan program tambahan yang hanya mencapai 80%, mengingat data yang sangat beragam dan waktu yang terbatas.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 27 Apr 2016 06:39
Last Modified: 27 Apr 2016 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32010

Actions (login required)

View Item View Item