LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KASIHAN SMKI YOGYAKARTA

Rahmi Nur Hidayah, Rahmi Nur Hidayah (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KASIHAN SMKI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU RAHMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2014 berlokasi di SMK N 1 KASIHAN dilaksanakan 1 Bulan mulai 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang wajib di tempuh oleh Mahasiswa semua jurusan sebagai salah satu syarat menyelesaikan masa studinya dan untuk tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelum kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini berjalan di lokasi PPL semua mahasiswa wajib mengikuti mata kuliah Micro Teaching, kuliah ini termasuk proses pembelajaran yang terdapat di dalamnya tahapan untuk memulai kegiatan dan bahan mengajar oleh calon guru. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dikembangkan oleh semua jurusan ataupun fakultas dan dikembangkan oleh dasar kurikulum untuk mengembangkan potensi dan keterampilan mengajar mahasiswa kependidikan di sekolah yang telah ditunjuk menjadi obyek pembelajaran nyata setelah menempuh pembelajaran di dalam kelas Observasi dilakukan dengan metode: (1) Silaturahmi, (2) Tanya jawab, (3) Dokumentasi, dan (4) Melihat ke lapangan secara langsung. Berdasarkan hasil observasi maka ditentukan program kerja PPL/Magang III di sekolah SMK 1 Kasihan Bantul yang akan dilaksanakan meliputi program mengajar dan nonmengajar. Dilaksanankan di sekolah tersebut dengan melihat potensi peserta didik, sarana dan prasarana, serta keadaan lingkungan yang mendukung. Program kerja PPL/Magang III di SMK 1 Kasihan Bantul, untuk mengajar berupa observasi, mengamati proses KBM yang sedang berlangsung, mempersiapkan objek/bahan untuk materi ajar, mengajar didalam kelas, membuat rancana program pembelajaran (RPP), mempersiapkan alat dan bahan, rapat koordinasi dengan guru pembimbing. Untuk program non-ngajar berupa rapat koordinasi dengan piket perpustakaan, praktek, serta ruang teori, rapat koodinasi antar lembaga dengan koordinasi program yang akan di laksanakan sebelum berlangsungnya program di sekolah. Dilihat dari program-program tersebut maka mahasiswa berperan sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 06:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31997

Actions (login required)

View Item View Item