LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KASIHAN SMKI YOGYAKARTA

Yusuf Brian Erwinda, Yusuf Brian Erwinda (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 KASIHAN SMKI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU BRIAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis saja. Kegiatan PPL dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015 di SMK N 1 Kasihan (SMKI Yogyakarta) dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik sekolah, perguruan tinggi, maupun mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain; melaksanakan pembelajaran langsung di kelas, pembuatan perangkat pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, serta pemberian tugas kepada peserta didik. Dalam kegiatan PPL di SMK N 1 Kasihan (SMKI Yogyakarta), penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran Olah Tubuh Tari dan Rias dan Busana di kelas X-T1, X-T2, X-T3, X-T4. Mahasiswa melakukan praktek mengajar Olah Tubuh setiap hari Senin jam ke 5-6, Rabu jam ke 1-2, Kamis jam ke 3-4, dan Sabtu jam ke 3-4. Sedangkan untuk mata pelajaran Rias Dan Busana setiap hari Selasa jam ke 5-6 dan 9-10 kemudian pada hari Sabtu jam ke 5-6 dan 7-8. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, pengetahuan penerapan kurikulum baru, proses pembelajaran, pengolahan kelas, cara mengevaluasi hasil belajar, dan pengelolaan hasil belajar. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 06:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31989

Actions (login required)

View Item View Item