PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MINAT BACA, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016

Kurnia Sari Hidayah, Ayu (2016) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MINAT BACA, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_AYU KURNI SARI HIDAYAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016, (2) Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016, (3) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016, (4) Pengaruh Kemandirian Belajar, Minat Baca dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 63 siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisiensi regresi 0,740 dan thitung 6,674 > ttabel 2,000, minat baca berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisiensi regresi 0,559 dan thitung 7,115 > ttabel 2,000, pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisiensi regresi 0,414 dan thitung 6,538 > ttabel 2,000, kemandirian belajar, minat baca, dan pemanfaatan perpustakaan sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan koefisiensi regresi X1 0,328, X2 0,267, X3 0,183 dan fhitung 27,663 > ftabel 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar, minat baca dan pemanfaatan perpustakaan sekolah maka semakin tinggi prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Minat Baca, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31982

Actions (login required)

View Item View Item