FAKTOR-FAKTOR YANG MENDUKUNG DAN MENGHAMBAT PERKEMBANGAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KEBUMEN

Akhmad Faozan (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MENDUKUNG DAN MENGHAMBAT PERKEMBANGAN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
BAB (Cover & Pengesahan).pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ekstrakurikuler futsal merupakan ektrakurikuler yang sedang berkembang dengan di Kebumen namun perkembangannya masih tertinggal jika dibandingkan denngan Jepara dan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor yang mendukung dan menghambat perkembangan ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan stratifed random sampling, sehingga pengambilan sampel dari 336 siswa peserta ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen menjadi 188 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.923 menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji validitas menggunakan rumus product moment 36 butir pernyataan. Analisis data digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh faktor-faktor yang mendukung dan menghambat perkembangan ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen yaitu: (1) faktor kepala sekolah berada pada kategori rendah dan menghambat (33,51%,), (2) faktor guru atau pembina berada pada kategori rendah dan menghambat (33,51%,), (3) faktor partisipasi siswa berada pada kategori rendah dan menghambat (32,98%), (4) faktor dukungan orang tua siswa berada pada kategori sedang dan mendukung (43,08%), (5) faktor dana berada pada kategori rendah dan menghambat (30,82%), (6) faktor sarana dan prasarana berada pada kategori sedang dan mendukung (40,43%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor, mendukung, menghambat,ekstrakurikuler, futsal
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31972

Actions (login required)

View Item View Item