Dwihartanti, Muslikhah (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV SD untuk Meningkatkan Hasil Belajar. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-muslikhah-dwi-hartanti-08707251002.swf Download (67MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk multimedia untuk pembelajaran Bahasa Inggris yang valid digunakan sebagai media belajar; dan 2) mengukur efektivitas multimedia pembelajaran Bahasa Inggris yang dihasilkan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran Bahasa Inggris kelas IV SD untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan, yaitu planning (perencanaan), design (desain), dan development (pengembangan). Uji coba produk yaitu dengan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif terdiri dari fase uji alpha dan uji beta. Evaluasi sumatif untuk mengetahui keberhasilan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan cara membandingkan pretest dan postest. Data diuji dengan paired t test. Instrumen penelitian berupa lembar kuesioner, instrumen test, dan lembar observasi. Data yang diperoleh diklasifikasikan menjadi dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang berupa kritik dan saran yang dikemukakan ahli media, ahli materi, dan siswa dihimpun untuk memperbaiki produk media pembelajaran. Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ditinjau dari aspek materi, multimedia pembelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata skor 3,9 dan kategori baik; 2) ditinjau dari aspek media, multimedia pembelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata skor mencapai 4 dan kategori baik; 3) ditinjau dari aspek pembelajaran, multimedia pembelajaran Bahasa Inggris yang dikembangkan dinyatakan valid dengan hasil skor rata-rata mencapai 4,25 dengan kategori sangat baik; 4) multimedia pembelajaran yang dihasilkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris. Penggunaan produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris untuk kelas IV SD dapat menaikkan nilai dari skor rata-rata pretest 6,20 menjadi skor rata-rata postest 7,61. Tingkat efektifitas terbukti dengan kenaikan jumlah siswa yang mencapai KKM 6,8, yaitu saat pretest sebanyak 5 siswa dinyatakan tuntas, sedangkan saat postest sebanyak 15 orang dinyatakan tuntas (88%). Hasil uji paired t test adalah t hitung > t tabel (7,503 > 2,120). Nilai gain ternormalisasi sebesar 0,37 masuk ke dalam kategori sedang, sehingga tingkat efektifitasnya cukup efektif
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia pembelajaran, Bahasa Inggris, hasil belajar |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris Teknik & Teknologi > Komputer |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 01:24 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31933 |
Actions (login required)
View Item |