LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Alamat: Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, DIY

RUDY RACHIDA, RUDY RACHIDA (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Alamat: Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, DIY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN-PPL-12501241035-RUDY RACHIDA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional. Kegiatan yang termasuk lingkup PPL diarahkan ke pelatihan pengalaman profesionalisme pembelajaran. Adapun tujuan dari progam PPL ini yakni untuk mengabadikan sebagian kompetensi mahasiswa untuk membantu lebih memberdayakan masyarakat sekolah demi tercapainya keluaran sekolah yang lebih berkualitas serta melatih kemampuan profesionalisme mengajar mahasiswa secara konkret. Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2015 - 12 September 2015 bertempat di SMK N 1 Sedayu yang beralamat di Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, DIY. Kegiatan PPL ini melaksanakan programprogram kegiatan dengan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan mengajar, terlebih dahulu mahasiswa melakukan persiapan yaitu mengikuti mata kuliah pengajaran mikro, pembekalan PPL dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Berdasarkan hasil observasi, diidentifikasi beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan serta dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan program PPL. Berdasarkan situasi yang ada, maka mahasiswa merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PPL. Program PPL tersebut antara lain konsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing PPL; penyusunan matriks program kerja; penyusunan administrasi guru; pembuatan perangkat pembelajaran (penyusunan jadwal mengajar, silabus, RPP, dan media pembelajaran); mencari bahan untuk mengajar; mengajar; pendampingan mengajar; evaluasi hasil pembelajaran; memasukkan nilai tugas siswa; mengikuti kegiatan sekolah (upacara bendera hari senin, upacara HUT RI); serta pembuatan dan pengumpulan laporan. Secara garis besar, hampir seluruh program berjalan baik melalui pemantauan & bimbingan. Mahasiswa juga memperoleh pengalaman dan pemahaman mengenai proses pendidikan dan pembelajaran di SMK N 1 Sedayu, memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja di lingkungan sekolah, dan memperoleh pengalaman dalam bersosialisasi atau beretika di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 1 Sedayu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 08:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31912

Actions (login required)

View Item View Item