LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 14 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMAN 1 SEDAYU Jalan Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta 55753 Telp/Faks (0274) 798487

Nita Murlianda, Nita Murlianda (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 14 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMAN 1 SEDAYU Jalan Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta 55753 Telp/Faks (0274) 798487. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NITA MURLIANDA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu lembaga perguruan tinggi yang menyiapkan tenaga pendidik profesional. Salah satu program yang diadakan oleh UNY adalah kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup latihan mengajar, cara menyiapkan rencana proses pembelajaran dan manajemen pengelolaan kelas. Dalam kegiatan mengajar diperlukan berbagai persiapan diantaranya adalah pembuatan administrasi guru, RPP, media pembelajaran, dan lain-lain. Dalam praktik mengajar untuk mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman, diberi kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas X, XI dan XII dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas yang memiliki karakter yang berbeda, sehingga pengalaman dan wawasan semakin luas dan dalam kesempatan ini penulis diberi kesempatan untuk mengajar kelas X MIA 2, XI Pengayaan dan XII MIA 1. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatanhambatan yang muncul, saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan menjalin komunikasi yang baik antara semua pihak yang berkaitan, misalnya dengan Bapak/Ibu guru dan karyawan yang berada di SMAN 1 SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA. Mengajar berbagai macam karakter peserta didk bukan lah hal yang mudah tapi ketika kita mengenal dan bisa masuk kedalam kehidupan dan karakter mereka kita akan merasa mudah dan menyenangkan. Para peserta didik pada kenyataanya memiliki kemampuan yang sama untuk belajar bahasa Jerman. Terkadang ada juga satu dua peserta didik yang kurang dibanding dengan peserta didik lainnya, dari situ maka seharusnya kita membantu mereka. Praktik PPL adalah pengalaman yang perlu mahasiswa tempuh untuk menyelesaikan studi S1nya sehingga dalam pelaksanaan PPL mahasiswa harus viii benar – benar bisa bekerja sama dengan pihak sekolah dan DPL PPL, DPL pamong sehingga tujuan dari PPL benar-benar terwujud. LPPMP sebagai wadah penghubung antara kesemuanya juga harus bisa menjembatani hubungan baik antara pihak sekolah dan universitas

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, UNY, SMAN 1 SEDAYU, BANTUL, YOGYAKARTA
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 06:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31875

Actions (login required)

View Item View Item