LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 14 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 SEDAYU Jl. Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul – Yogyakarta 55753 Telp/Fax (0274) 798487

Amina Nusrat, Amina Nusrat (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 14 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 SEDAYU Jl. Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul – Yogyakarta 55753 Telp/Fax (0274) 798487. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AMINA NUSRAT.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu lembaga perguruan tinggi yang menyiapkan tenaga pendidik profesional. Salah satu program yang diadakan oleh UNY adalah kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup latihan mengajar, cara menyiapkan rencana proses pembelajaran dan manajemen pengelolaan kelas. Dalam kegiatan mengajar diperlukan berbagai persiapan diantaranya adalah pembuatan administrasi guru, RPP, media pembelajaran, dan lain-lain. Dalam praktik mengajar untuk mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman, diberi kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas X Pengayaan dan XII MIPA 2 dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas yang memiliki karakter yang berbeda, sehingga pengalaman dan wawasan semakin luas. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatanhambatan yang muncul, saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan menjalin komunikasi yang baik antara semua pihak yang berkaitan, misalnya dengan Bapak/Ibu guru dan karyawan yang berada di SMA Negeri 1 Sedayu. Mengajar peserta didik dengan berbagai macam karakter bukanlah hal yang mudah tapi ketika kita mengenal dan bisa masuk kedalam kehidupan dan karakter mereka kita akan merasa mudah dan menyenangkan. Praktik PPL adalah pengalaman yang perlu mahasiswa tempuh untuk menyelesaikan studi S1 nya sehingga dalam pelaksanaan PPL mahasiswa harus benar – benar bisa bekerja sama dengan pihak sekolah dan DPL PPL, DPL pamong sehingga tujuan dari PPL benar-benar terwujud. LPPMP sebagai wadah viii penghubung antara kesemuanya harus bisa menjembatani hubungan baik antara pihak sekolah dan universitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, UNY, SMA Negeri 1 Sedayu.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 02:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31846

Actions (login required)

View Item View Item