LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Rita Ningsih, Rita Ningsih (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (20kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Magang III merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompotensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik yang profesional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat memberikan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab dan kemampuan dalam memecahkan masalah dalam dunia pendidikan. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan meliputi tahap observasi, mengajar, pembekalan, penerjunan, praktik mengajar, dan penarikan. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 15 September 2015. Pelaksanaan program PPL diawali dengan observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing atau guru bidang studi, pembuatan administrasi guru ( perhitungan jam efektif mengajar, membuat daftar hadir, membuat catatan harian guru, membuat lembar penilaian harian, analisis SK-KD, membuat RPP, membuat materi ajar, membuat media pembelajaran, membuat jobsheet praktikum), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang diampu mahasiswa adalah kelas XI TAV 2 dengan jumlah siswa 16 orang yaitu 8 orang siswa perempuan, dan 8 orang siswa laki-laki dengan jam mengajar praktikum 5 jam efektif untuk setiap kali pertemuan praktikum. Selama melaksanakan PPL, mahasiswa telah mengajar sebanyak 12 kali pertemuan dengan total jam mengajar 101 jam dan total jam PPL keseluruhan yaitu 138 jam. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang berlangsung selama ini. Selain itu untuk memberikan pengalaman dan melatih mahasiswa untuk terjun langsung dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, mahasiswa akan terlatih dan memiliki pengetahuan, ketrampilan maupun sikap untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31808

Actions (login required)

View Item View Item