LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Chandra Anang S, Chandra Anang S (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
abstrak.doc

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (51kB)
[img] Text
Cover Laporan.docx

Download (28kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) suatu kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal dan menghayati seluk beluk lembaga pendidikan serta mengamalkan apa yang telah didapat dibangku perkuliahan. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Kegiatan PPL membantu mahasiswa dalam menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga merupakan salah satu cara melatih mental mahasiswa di dalam dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, dengan tujuan nantinya mahasiswa memiliki bekal ketika terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 15 September 2015. Ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu, pertama kegiatan praktik mengajar yang dimulai dengan pengajaran mikro, bimbingan dengan guru pembimbing, observasi kelas, pembekalan, pembuatan persiapan mengajar sampai pada tahap pelaksanaan yang meliputi praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, evaluasi dan penilaian. Sedangkan mata pelajaran yang diampu oleh praktikan adalah Teknik Listrik dan Elektronika Dasar dengan jumlah alokasi waktu setiap minggu sebanyak 16 jam untuk dua hari. Mata pelajaran ini dijadwalkan pada hari Rabu dan Sabtu, mahasiswa dituntut untuk mengajar setidaknya minimal empat kali pertemuan dengan empat RPP berbeda. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengelola KBM, baik bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali, mengatasi berbagai permasalahan yang timbul serta mengelola waktu dalam kelas. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Berdasarkan hasil pengamatan dan pengolahan data nilai siswa, maka mahasiswa PPL didapatkan hasil 30 siswa dapat mengikuti pelajaran, 2 siswa sedikit kesulitan dalam memahami pelajaran, 2 siswa sulit untuk mengejar ketertinggalan pelajaran, sehingga dapat disimpulkan kondisi siswa dalam kelas X TAV 2 masih dalam kategori baik. Harapannya, semua pengalaman ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Apr 2016 00:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31797

Actions (login required)

View Item View Item