Model Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Ujian Pendidikan Kesetaraan

Suprananto, Suprananto (2012) Model Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Ujian Pendidikan Kesetaraan. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-suprananto-08701261018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bank soal terkalibrasi dan model Computerized Adaptive Test (CAT) untuk sistem ujian akhir, khususnya peserta didik program Paket C setara SMA, dan (2) untuk mengevaluasi tingkat efektifitas dan akurasi CAT dalam mengukur kemampuan peserta tes. Di samping bank soal dan model CAT, studi ini juga menghasilkan program aplikasi untuk pengelolaan bank soal dan Computer Based Test (CBT). Studi ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development, R&D) yang mencakup 8 (delapan) langkah kegiatan, yaitu: identifikasi kebutuhan, pengembangan produk awal, evaluasi dan pengujian internal, penyempurnaan produk tahap pertama, ujicoba skala terbatas, penyempurnaan produk tahap kedua, ujicoba skala lebih luas, dan finalisasi produk. Analisis dan kalibrasi terhadap 233 butir soal dilakukan untuk mendukung bank soal. Validasi terhadap bank soal dilakukan oleh 6 (enam) orang ahli materi. Diskusi kelompok (focus group discussion) yang melibatkan 5 (lima) orang pakar di bidang psikometri dan teknologi komputer diselenggarakan dalam rangka evaluasi dan validasi program aplikasi (bank soal, CBT, dan CAT). Ujicoba CAT dengan skala terbatas melibatkan 28 orang sukarelawan, sedangkan ujicoba skala lebih luas melibatkan 88 siswa dari 3 sekolah, yaitu SMA Kolombo, SMA Negeri 1 Kasihan, dan SMA Negeri 2 Metro. Dari hasil ujicoba skala lebih luas, diperoleh rata-rata panjang tes pada CAT masing-masing adalah (21,67 + 4,67 SD); (20,62 + 3,63 SD), dan (17,37 + 4,18 SD). Rata-rata kesalahan baku pengukuran (standard error of measurement, SEM) masing-masing adalah 0,3342; 0,3238, dan, 0,3293. Kesimpulan dari studi ini adalah (1) bank soal dan CAT yang dikembangkan siap untuk dijadikan sebagai prototipe dalam pengembangan selanjutnya, baik untuk mata pelajaran lain atau untuk jenis dan jenjang pendidikan lain, dan (2) hasil pengukuran oleh CAT lebih efektif dibandingkan dengan tes konvensional dengan tingkat akurasi pengukuran yang setara dengan reliabilitas 0,90 pada teori tes klasik. Sebagai tambahan, CAT yang dikembangkan memperoleh nilai baik berdasarkan expert judgement dan berdasarkan persepsi subjek coba. Namun demikian, studi ini masih memiliki beberapa kelemahan dan keterbatasan, seperti proses equating bank soal yang belum sempurna karena tidak tersedianya anchor items, ukuran bank soal yang belum memadai, serta banyaknya subjek coba yang masih terbatas. Rekomendasi untuk studi selanjutnya antara lain perlu dilakukan rekalibrasi terhadap karakteristik butir soal dalam bank soal, dilakukan ujicoba pada sampel yang lebih luas, serta adanya penelitian di beberapa aspek seperti kendali eksposur butir, kendala waktu dan konten, serta sistem keamanan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: CAT, ujian, pendidikan kesetaraan
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:49
Last Modified: 27 Jul 2022 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31740

Actions (login required)

View Item View Item