Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran IPA Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Pebriani, Corry (2016) Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran IPA Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-corry-pebriani-13712251047.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media video terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA, (2) pengaruh media video terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran IPA, (3) pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserts didik pada pembelajaran IPA. Penelitian eksperimen semu (quasi experiments) dengan pretest-postest control group design ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 84 peserta didik yang dibagi menjadi 3 kelas. Dua kelas ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan media video, dan satu kelas ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan media gambar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala motivasi belajar dan tes hasil belajar materi peristiwa alam pada pembelajaran IPA semester 2. Uji normalitas data menggunakan Klomogrov- Smirnov, sedangkan uji homogenitas secara multivariate menggunakan uji Box M dan secara univariat menggunakan Lavene’s test. Data dianalisis dengan uji MANOVA dengan rumus T² Hotelling Trace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media video berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik pembelajaran IPA, (2) media video berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pembelajaran IPA, (3) media video berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pembelajaran IPA. Keseluruhan uji dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran IPA kelas V SD se gugus 04 Palangka Raya

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media video, motivasi belajar, hasil belajar kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:48
Last Modified: 09 May 2019 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31739

Actions (login required)

View Item View Item