PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF PADA SISWA TUNANETRA KELAS II B SEKOLAH DASAR DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Sepriani , Veni (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN INTEGRATIF PADA SISWA TUNANETRA KELAS II B SEKOLAH DASAR DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
veni.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa tunanetra kelas II B di SLB A Yaketunis Yogyakarta melalui penerapan pendekatan integratif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah dua orang siswa tunanetra. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat pertemuan. Pelaksanaan siklus II berdasarkan pada evaluasi yang dilakukan pada siklus I, yaitu belum tercapainya kriteria keberhasilan penelitian yang ditentukan yaitu sebesar 60. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan integratif dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa tunanetra kelas II B di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada siklus I yaitu subjek 1 sebesar 23%, kondisi awal 44 menjadi 54 dan subjek 2 sebesar 72%, kondisi awal 40 menjadi 69. Peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada siklus II yaitu subjek 1 sebesar 61%, kondisi awal 44 menjadi 71 dan subjek 2 sebesar 117%, kondisi awal 40 menjadi 87. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam mengembangkan gagasan penulisan dalam menulis deskripsi, serta minimnya kesalahan ejaan dan tata tulis. Hasil tes pada siklus II menunjukkan bahwa semua siswa telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu sebesar 60. Kata kunci: kemampuan menulis deskripsi, pendekatan integratif, siswa tunanetra

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Aug 2012 23:58
Last Modified: 29 Jan 2019 15:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3166

Actions (login required)

View Item View Item