LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016 KELOMPOK B024 SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO

Rizka Yuni Hapsari, Rizka Yuni Hapsari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016 KELOMPOK B024 SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Rizka 12202244010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Salah satu mata kuliah lapangan wajib lulus adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler. Sebelumnya mahasiswa mengikuti mata kuliah microteaching sebagai awal pembelajaran untuk praktek PPL. SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY pada tahun 2015 ini. Secara umum sekolah ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai, namun masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar dapat mendukung kelancaran seluruh aktifitas belajar mengajar di sekolah. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 sebanyak 10 kali praktik mandiri dan terbimbing. Sedangkan mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah Bahasa Inggris dengan alokasi waktu tiap minggu sebanyak 3 jam pelajaran pada empat minggu awal dan 15 jam pelajaran di minggu kelima. Penulis sendiri mengampu 6 kelas yaitu X TKR C, XI TSM E, XII TKR D, XII TKR C, XII TSM C dan XII TSM A. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dimulai dengan persiapan PPL berupa konsultasi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, evaluasi dan lembar penilaian. Dalam pelaksanaan PPL terdapat beberapa hambatan namun masih dalam taraf wajar. Hambatan-hambatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi penulis untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Bahasa Inggris, SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Apr 2016 03:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31652

Actions (login required)

View Item View Item