EVALUASI SISTEM PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA PROGRAM KEAHLIAN MEKATRONIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-KOTA PALEMBANG DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Pran, Agustian (2016) EVALUASI SISTEM PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA PROGRAM KEAHLIAN MEKATRONIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-KOTA PALEMBANG DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
PRAN AGUSTIAN 10518249001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

EVALUASI SISTEM PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA PROGRAM KEAHLIAN MEKATRONIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-KOTA PALEMBANG DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Oleh : Pran Agustian NIM 10518249001 ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perencanaan penilaian hasil belajar pada program keahlian mekatronika SMK Negeri 2 Palembang dalam implementasi kurikulum 2013, (2) pelaksanaan penilaian hasil belajar pada program keahlian mekatronika SMK Negeri 2 Palembang dalam implementasi kurikulum 2013, (3) tindak lanjut hasil belajar pada program keahlian mekatronika SMK Negeri 2 Palembang dalam implementasi kurikulum 2013, (4) keterlaksanaan kurikulum 2013 pada program keahlian mekatronika SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan metode Coutenance Stake yang meliputi evaluasi Antencendents, Transaction dan Outcomes. Populasi penelitian adalah semua guru dan siswa pada program keahlian mekatronika SMK Negeri 2 Palembang. Teknik Sampling yang digunakan ialah Sampling Insidental dengan responden 6 orang Guru dan 71 siswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Aspek Antencendent (Perencanaan Penilaian) menurut guru termasuk kategori sangat baik dengan mencapai 49,95% dibandingkan dengan kategori lain, menurut siswa termasuk kategori sangat baik dengan mencapai 56% dibandingkan dengan kategori lain, (2) Aspek Transaction (Pelaksanaan Penilaian) menurut guru termasuk kategori sangat baik dengan mencapai 49,95% dibandingkan dengan kategori lain, menurut siswa termasuk kategori baik dengan mencapai 57,4% dibandingkan dengan kategori lain, (3) Aspek Outcomes (Tindak Lanjut Hasil Penilaian) menurut sebagian guru termasuk kategori sangat baik dengan mencapai 49,95% dan sebagian lagi termasuk kurang dengan mencapai 49,95% dibandingkan kategori lain, menurut siswa termasuk kategori baik dengan mencapai 47,6% dibandingkan dengan kategori lain, (4) keterlaksanaan kurikulum 2013 pada Program Keahlian Mekatronika SMKN 2 Palembang sudah berjalan baik dari aspek perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut hasil belajar. Kata kunci: evaluasi, antencendents, transaction, outcomes dan kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 22 Apr 2016 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31626

Actions (login required)

View Item View Item